Kategori

Inilah 6 Tanda Anda salah kelola uang, cek sekarang!

By On April 07, 2016

SepercikHikmah - Sobat hikmah, dalam mengatur keuangan sebenarnya mudah, namun hal yang membuatnya sulit adalah kurangnya kedisiplinan dalam diri sendiri. Jika sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian, berarti ada kemungkinan Anda mengalami masalah dengan jumlah pendapatan dan pengelolaan keuangan.

6 Tanda Anda salah kelola uang, cek sekarang!

Bagi sebagian orang, mengelola keuangan terkadang membuat frustasi seolah tak menemukan cara untuk mengatasinya. Mungkin ada yang mencoba bergaya hidup sederhana, tapi tetap saja uang yang dihasilkan tak cukup membantu diri sendiri untuk sekedar hidup berkecukupan.

Ada banyak hal yang bisa membuat pendapatan Anda tak tak pernah cukup. Salah satunya karena terlalu banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi gaya hidup.

Lebih parahnya, tiap bulan Anda terjebak dengan utang di banyak orang. Lalu bulan berikutnya gaji yang didapat habis untuk membayar utang-utang itu. Situasi seperti ini cukup berbahaya dan mengancam kehidupan.

Anda harus segera menyadari kesalahan mengelola uang. Berikut tanda Anda salah kelola uang :

1. Kehabisan uang awal bulan

Hal selanjutnya yang menandakan Anda salah kelola uang adalah selalu kehabisan uang di awal bulan. Kalau itu jarang terjadi, maka masalah Anda mungkin belum terlalu parah.

Namun, jika terus mengalaminya tiap bulan, maka Anda perlu waspada. Karena itu tandanya Anda memang mengalami krisis keuangan yang cukup parah.

Pada umumnya, hal ini biasa terjadi karena Anda harus membayar semua utang dan tunggakan pada awal bulan. Uang yang dimiliki menjadi habis sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan di sisa bulan.

Akibat selanjutnya adalah, Anda akan terjebak dengan kebiasaan gali lubang tutup lubang. Artinya, gaji bulanan yang didapat tak pernah bisa mencukupi kebutuhan.

2. Menunggak utang

Jika pada awal bulan Anda sudah menimbang-nimbang utang mana saja yang harus dibayar terlebih dulu. Maka hal ini menandakan Anda punya masalah keuangan.

Waspadai, karena penting untuk mengambil tindakan segera atas situasi tersebut. Anda perlu mengurangi pengeluaran tiap bulan dengan melakukan review pengeluaran.


3. Selalu andalkan kartu kredit

Hal pertama yang membuktikan Anda salah mengelola keuangan adalah selalu mengandalkan kartu kredit. Kartu kredit selalu menjadi solusi menghadapi masalah kekurangan uang.

Padahal, ini adalah cara yang sangat salah. Bayangkan jika Anda terus menerapkan pola ini, suatu saat nanti akan ada risiko tagihan kartu kredit menumpuk.


4. Khawatir terus menerus

Hal selanjutnya yang menandakan Anda salah kelola uang adalah merasa khawatir terus menerus. Anda merasa khawatir tak bisa membeli makanan dan membayar sewa kos atau apartemen.

Situasi ini berbahaya dan berbeda jika Anda khawatir tak bisa membayar cicilan mobil atau motor. Karena sifat kebutuhan yang pertama disebutkan adalah sangat penting untuk dipenuhi.

Kekhawatiran sebenarnya tanda bagus, karena Anda akan sadar dan mulai mengambil tindakan atas situasi yang dihadapi. Tapi, kalau itu terjadi terus-menerus, akan mengganggu kehidupan.

5. Tak punya dana cadangan

Tak punya dana cadangan bisa menjadi salah satu pemicu kesalahan dalam mengelola uang. Jika terjadi sesuatu, maka Anda dapat dipastikan akan mengandalkan kartu kredit atau berutang sana sini.

Padahal, utang kartu kredit akan terus menumpuk dan akan semakin sulit diatasi. Mulailah menabung untuk menyiasati masalah ini.

6.Tak ada anggaran bisa dipotong

Jika tetap kehabisan uang tiap akhir bulan dan tak bisa membayar utang ataupun menabung, maka jelas ANda punya masalah dalam pengelolaan pendapatan.

Situasi ini sama seriusnya dengan situasi lain, di mana Anda perlu segera ambil tindakan untuk mengatasinya.

Sumber: Merdeka.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==