Kategori

Inilah Sebabnya Mengapa Surat At-Taubah Tidak Diawali Dengan Bacaan Basmalah. Muslimah Baca Ini

By On Agustus 22, 2016

Medianda – Sahabat media Jika diperhatikan secara jeli, dalam Alquran, hanya di surat At-Taubah saja yang tidak dituliskan lafal basmallah (bismillah) di awal surat. Bahkan saat membaca surat tersebut pun umat muslim juga tidak dianjurkan untuk mengawalinya dengan basmallah. Lantas apa sebabnya?



Surat At-Taubah adalah merupakan satu-satunya surat yang tidak diawali dengan bacaan basmalah, sementara surat Al Qur’an lainnya memakai bacaan basmalah. seorang muslim saat menawai bacaannya dengan bismillahirrahmaanirrahiim, dari membaca huruf ‘ba‘, akan merasakan adanya garis pemisah diantara kondisi sebelumnya dengan kondisi baru. Ia merasa berada dialam yang baru untuk meninggalkan dunia. Dengan hatinya ia menghadap untuk mendengarkan firman tuhannya serta hidup beserta namanya yang mulia (Ar- Rahman dan Ar-Rahim)

Adapun sebab tidak disebutkannya kalimat basmalah diawal surat At-Taubah, berdasarkan pendapat mayoritas Ulama, adalah disebabkan surat ini berbicara tentang orang-orang kafir dan juga orang-orang munafik. Mereka diharamkan dari kalimat basmalah dan makna kasih sayang yang terdapat didalamnya. Pada ayat pertama Allah swt. berfirman,

بَرَآءَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِۦٓ إِلَى الَّذِينَ عٰهَدتُّم مِّنَ الْمُشْرِكِينَ


“(Inilah pernyataan) pemutusan hubungan dari Allah dan Rasul-Nya (yang ditujukan) kepada orang-orang musyrik.” (QS At-Taubah: 1)

Surat At-Taubah juga mempunyai nama-nama yang lain, yakni Al-Fadhihah (yang menelanjangi kejelekan) sebab isinya menjelekkan sikap orang-orang munafik. Didalamnya terdapat 55 sifat orang munafik yang pernah mereka tunjukkan dimasa Nabi saw. Dinamakan dengan surat Al-Kasyafah (Penyingkap) sebab ia menyingkap aib orang-orang kafir serta orang-orang yang enggan memberikan pembelaan terhadap islam. Dinamakan dengan As-Saif (Pedang) sebab mayoritas ayat -ayatnya berisi panggilan berjihad, anjuran untuk pergi berperang dan peringatan keras bagi orang yang tidak ikut atau enggan (berpaling) dari peperangan. Dengan demikian, ia merupakan surat yang sangat keras.

Demikian penjelasan mengenai mengapa surat At-taubah tidak diawali dengan bacaan basmalah. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu kita semua dan semoga bermanfaat.



Sumber:Ukhtiindonesia.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==