Kategori

Mulai Sekarang Jangan Lakukan Ini Bahaya.. Mencampurkan Buah-Buahan Dengan Susu. Tidak Banyak Yang Tahu..

By On Agustus 19, 2016

Medianda – Sahabat media Buah menjadi sumber vitamin, air hingga serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Buah biasanya dikonsumsi secara langsung, dibuat manisan atau dibuat jus dengan campuran gula, madu atau susu.

Rasa manis sekaligus asam dalam buah memang menyegarkan, belum lagi kekayaan buah tropis yang melimpah di Indonesia menjadikan buah sumber vitamin yang murah sekaligus mudah didapat.



Namun, masih banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata buah tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan susu. Mengapa?

Siapa yang tidak suka menikmati kesegaran es buah, sup buah, atau jus? Kebiasaan masyarakat Indonesia saat mengonsumsi es buah atau jus ialah mencampurkan susu kental manis kedalamnya. Memang, rasanya menjadi lebih nikmat dan gurih. Namun sayangnya kebiasaan mencampur buah dan susu tersebut bukannya memberi manfaat justru bisa membahayakan tubuh. Bagaimana bisa? Bukannya buah dan susu termasuk makanan yang kaya akan nutrisi?

Ternyata, buah-buahan banyak memiliki kandungan asam, sedangkan susu sangat kaya akan protein sehingga apabila dikombinasikan justru kurang baik, sebab asam akan mengikat protein sehingga membuatnya sulit dicerna oleh tubuh, bahkan dapat mengakibatkan fermentasi lambung. Beberapa buah-buahan yang memiliki sifat asam, antara lain : nanas, stroberi, anggur, jeruk, dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana jika susu dicampurkan pada buah yang tidak mengandung asam, seperti alpukat?

Mencampur buah alpukat dengan susu akan membuat rasanya semakin  gurih dan nikmat. Namun kombinasi keduanya juga tidak baik untuk tubuh, sebab alpukat mengandung asam folat tinggi yang bermaanfaat untuk kesehatan jantung, namun saat Anda mencampurkan susu kental manis, maka justru mengantarkan Anda pada risiko penyakit diabetes. Kenapa demikian? Sebab susu kental manis memiliki kadar gula yang lebih mendominasi dibandingkan protein.

Selain buah-buahan, ternyata susu juga berbahaya bila dicampurkan dengan beberapa minuman atau makanan berikut ini :

1. Susu dengan Coklat

Mencampur susu dengan coklat juga berbahaya bagi kesehatan, sebab susu mengandung protein dan kalsium, sementara coklat mengandung asam oksalat yang jika keduanya dipadukan, maka  kalsium akan bersifat non larut sehingga mengganggu penyerapan kalsium.

2. Susu dan Teh

Teh termasuk satu minuman herbal yang menyehatkan, namun menjadi kurang bermanfaat bila dicampur dengan susu. Kenapa demikian? Ternyata susu mengandung protein casein yang apabila dipadukan dengan Teh justru dapat menurunkan kandungan pentingnya, seperti Catechin yang ampuh melawan penyakit jantung.

3. Susu dengan Gula

Mencampur susu dengan gula dalam kondisi panas bisa berbahaya, sebab susu mengandung leusin/asam amino yang jika dicampurkan dengan gula dalam kondisi panas, maka akan bereaksi menjadi leusin fructosyl atau radikal fluktosa yang bersifat racun dan dapat merusak tubuh orang yang mengonsumsinya. Untuk menyiasatinya, masukkan gula setelah susu agak dingin.

Demikian penjelasan mengenai bahaya mencampurkan susu dengan buah bahkan susu dengan makanan atau minuman. Meski susu mempunyai segudang manfaat, namun apabila cara mengonsumsinya salah tentu akan merugikan kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermaanfaat bagi kita semua.




Sumber:Intipslagi.blogspot.co.id

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==