Kategori

Diluar Dugaan..Ternyata Tidak Hanya Pukulan, 4 Hal Ini Juga Tergolong KDRT

By On Oktober 18, 2016

Medianda – Sahabat medianda Bila disebutkan Kekeras4n Dalam Rumah Tangga (KDRT) mungkin yang terbayang di benak kita semua adalah seorang suami yang memukuli atau menampar istrinya, namun sebenarnya KDRT tidak hanya soal pukul-memukul, ada hal-hal lain yang termasuk KDRT dan perlu untuk kita kenali.



Keker4san dalam rumah tangga dalam Undang-undang No.23 Tahun 2004 diartikan sebagai setiap perbuatan terhadap seseorang, terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, s3k5u4l, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga, termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.

“Engkau beri makan istrimu apabila engkau makan, dan engkau beri pakaian bila engkau berpakaian. Janganlah engkau memukul wajahnya, jangan menjelekkannya, dan jangan memboikotnya (mendiamkannya) kecuali di dalam rumah”. (HR. Abu Dawud)

Dalam sebuah hadits, Rasulullah telah melarang para suami untuk berbuat KDRT, beberapa tindakan yang dilarang antara lain sebagai berikut dibawah ini:

1. Larangan 'bersenang-senang' sendirian

Para suami dilarang egois, saat suami makan... ingatlah istri, sudahkah engkau memberi istrimu makan? Saat berpakaian bagus, perhatikanlah juga pakaian yang dikenakan istri dan anak-anakmu! Termasuk perbuatan dosa dan KDRT apabila seorang suami tidak memberi makan orang-orang yang menjadi tanggungannya, bahkan membiarkan istri yang bekerja menafkahi rumah tangga.

Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam bersabda: "Cukuplah dosa bagi seseorang dengan ia menyia-nyiakan orang yang menjadi tanggungannya." (HR. Abu Daud)

Di dalam sabda Rasulullah yang lain disebutkan : "Cukuplah seseorang itu dikatakan berdosa orang-orang yang menahan makan (upah dan sebagainya) orang yang menjadi tanggungannya." (HR. Muslim)

2. Larangan memukul wajah

Ketahuilah bahwa memukul wajah amat dilarang dalam Islam. Dari Jabir, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam melarang memukul di wajah dan memberi alamat (dengan menggores) di wajah” (HR. Muslim III/1673 no 2116)

Jelas bahwa suami yang menampar, memukul, melukai hingga menyakiti fisik sang istri adalah perbuatan KDRT yang tak dibenarkan secara agama, hukum, dan norma adat. Kalaupun istri melakukan kesalahan, ada aturan dalam memukul istri yang harus diperhatikan, terutama tak boleh melukai bagian wajah.

3. Larangan menjelekkannya

Saat seorang suami menjelek-jelekkan istrinya, dengan cara menghina, memaki, bertengkar hebat, sehingga merusak psikologis sang istri, menjadi rendah diri, ketakutan, sedih, hal tersebut sudah bisa dikategorikan KDRT.

“Tidak boleh seorang mukmin menjelekkan seorang mukminah. Jika ia membenci satu akhlak darinya maka ia ridha darinya (dari sisi) yg lain.” (Hadits shahih: Diriwayatkan oleh ath-Thahawi dalam al-Musykilul Atsar (VI/343, no. 2523), Ibnu Majah (no. 1977), dari Ibnu ‘Abbas radhiyallaahu ‘anhuma)

4. Jangan mendiamkannya kecuali di rumah, itu pun karena istri melakukan kesalahan

Suami tidak boleh memboikot istri tanpa alasan syar'i. Apabila istri membangkang, maka suami boleh melakukan pemboikotan di rumah. Mengenai cara memboikot istri, para ulama memberikan beberapa cara sebagaimana diterangkan oleh Ibnul Jauzi:

Tidak berhubungan !nt1m terutama pada saat istri butuh

Tidak mengajak berbicara, namun masih tetap berhubungan !nt1m

Pisah ranj4ng (Lihat Zaadul Masiir, 2: 76).

“Tidak halal bagi seorang muslim melakukan hajr (boikot dengan tidak mengajak bicara) lebih dari tiga hari.” (HR. Bukhari no. 6076 dan Muslim no. 2558).

Sahabat medianda apabila suami memboikot istri padahal istri tidak melakukan pembangkangan, maka apa yang dilakukan suami tersebut termasuk KDRT, terutama bila menyakiti istri secara psikologis dan emosional. Wallaahualam.


Semoga bermanfaat.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==