Kategori

RS Penuh, 3 Pasien Positif Corona di Sumsel Isolasi Mandiri

By On April 16, 2020

Ilustrasi pasien virus corona

Pasien positif virus corona (Covid-19) di Sumatera Selatan bertambah tiga menjadi 22 orang per Rabu (15/4). Tiga pasien baru tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing karena keterbatasan ruang isolasi di RSUP Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan, RSMH Palembang sebagai rujukan utama sudah tak lagi mampu menampung pasien baru. Hal itu membuat pasien positif tambahan tak bisa dirawat di sana.

"Isolasi mandiri karena keterbatasan ruang isolasi di rumah sakit rujukan dan tempat isolasi mandirinya dianggap memadai," ungkap Yusri, Rabu (15/4).

Selain itu, tiga pasien yang baru positif terinfeksi virus corona itu juga merupakan orang tanpa gejala (OTG), sehingga tidak memerlukan perawatan medis yang intensif.

Apabila ketiga orang tersebut nantinya mengalami gejala yang memerlukan perawatan, Yusri akan merekomendasikan ketiganya dirawat di rumah sakit rujukan lini kedua. Yusri menekankan Pemprov Sumsel terus memantau kondisi kesehatan mereka meski tak dirawat di rumah sakit rujukan.

"Kita juga sudah koordinasi dengan aparat keamanan agar bisa memantau isolasi mandiri mereka di rumah dan menjaga agar tidak menimbulkan keresahan kepada masyarakat. Mereka juga komitmen untuk mematuhi anjuran tim medis," jelas Yusri.

Ketiga pasien tersebut merupakan warga Palembang. Pasien nomor 20 adalah laki-laki (68), pasien nomor 21 laki-laki (57), dan pasien 22 perempuan (57).

Pasien 20 diketahui terpapar Covid-19 dari pasien nomor 3 warga Ogan Komering Ulu yang masih memiliki hubungan keluarga dan pernah bertemu beberapa waktu lalu. Sementara dua pasien lainnya masih dilacak riwayat perjalanan dan kontaknya.

Saat ini terdapat 79 orang pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumsel. Kemudian, ada 2.255 orang orang dalam pemantauan (ODP), dengan rincian 1.672 orang selesai dipantau dan 583 masih dalam proses pemantauan.

Ada 228 sampel swab yang diperiksa oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. Sebanyak 22 sampel dinyatakan positif, 96 négatif, sementara 110 lainnya masih dalam proses pemeriksaan.

"Palembang belum ditetapkan sebagai zona merah karena masih dalam pendalaman. Memang ada transmisi lokal tapi kita masih meyakini penyebaran masih sebatas keluarga dalam satu rumah," jelas Yusri.

"Di Sumsel sejauh ini ada 4 orang yang sembuh setelah positif terpapar Covid-19," tambahnya.

Sumber: cnnindonesia.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==